Sejarah Forkom

Latar Belakang
        Tuntutan user tentang kualitas pelayanan kebidanan menjadi tantangan tersendiri bagi Institusi Kebidanan untuk dapat mencetak tenaga kesehatan khususnya bidan yang kompeten dan siap kerja. Melihat hal tersebut menjadi sebuah keharusan untuk penjaminan mutu di setiap institusi pendidikan. Dengan melihat ragamnya institusi pendidikan dan beberapa asosiasi pendidikan yang berdiri di Jawa Tengah membuat kurangnya kebersamaan dan komitmen tentang kualitas mutu lulusan.
    Melihat kondisi tersebut Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah berinisiatif untuk mengumpulkan semua institusi kebidanan di Jawa Tengah dan memfasilitasi meleburnya beberapa asosiasi tersebut menjadi satu wadah.
        Dengan musyawarah dan mufakat bersama semua Iinstitusi kebidanan dengan disaksikan Dinkes Prop di Hotel Pandanaran, Semarang pada tanggal 1 Februari 2012 maka dibentuklah Forkom Institusi Kebidanan jawa Tengah dan dilakukan pemilihan pengurus oleh tim formatur .

Surat Keputusan
Surat Keputusan Kepengurusan tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 01 Tahun 2012 tentang Pengurus Forum Komunikasi Institusi Pendidikan Kebidanan Jawa Tengah.

Masa Bakti
Forkom Institusi Kebidanan Jateng mempunyai masa bakti selama 4 tahun yaitu dari tahun 2012-2016.